Home » » 10 Tips Membangkitkan Motivasi Blogging

10 Tips Membangkitkan Motivasi Blogging

loading...

10 Tips Membangkitkan Motivasi Blogging - Motivasi adalah salah satu bahan yang paling mendasar dan paling penting untuk bisa sukses. Terdengarnya klise tetapi dalam kenyataannya ini sangat benar.

Blogging adalah salah satu profesi, seperti profesi lainnya di mana kita harus secara teratur bekerja dengan rutinitas yang sama setiap hari. Sehingga dibutuhkan motivasi yang tinggi agar terus bertahan, jika tidak kita akan segera mengatakan "saya lelah menjadi blogger."

Memulai sebuah blog memang mudah tapi tantangan sebenarnya adalah mengembangkan dan mempertahankan blog kita. Sebagian besar blogger tidak memiliki motivasi yang cukup untuk melanjutkan aktivitas blogging dan menyerah lalu berhenti menulis dalam beberapa bulan, minggu atau bahkan hari.


10 Tips Membangkitkan Motivasi Blogging

Jadi kita perlu benar-benar menjadi termotivasi agar dapat menjaga momentum dalam menulis dan dengan demikian menjadi sukses dalam menjaga blog kita tetap hidup, segar dan kekinian.

Kita harus memiliki gairah besar untuk menulis sesuai topik atau kategori yang telah kita pilih. Harus kita ingat bahwa blogging adalah rencana jangka panjang yang dapat berubah menjadi bisnis kesepian dan membuat frustasi.

Jadi jika kita mengharapkan keuntungan cepat dan besar di fase awal blogging maka saran saya sebaiknya buang jauh-jauh harapan itu. Blogging membutuhkan usaha yang tulus dan terus menerus dan pasti terbayar jika kita mau terus menulis untuk blog yang kita miliki.

Motivasi adalah bahan bakar, tak ubahnya seperti bensin yang menjadi bahan bakar mobil atau sepeda motor. Ketika bensin habis harus segera kita isi lagi, lagi dan lagi agar mobil atau sepeda motor kita tetap berjalan. Jika tidak, maka sepeda motor atau mobil kita akan berhenti ditengah jalanan menunggu mobil Derek atau kita sendiri yang mendorongnya.

Demikian pula dalam menjalankan aktivitas blogging, kita selalu membutuhkan motivasi untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan di dalamnya, menambah dan mengisi motivasi baru  sampai tujuan yang kita harapkan tercapai.

Tapi sebelumnya, penting untuk memahami terlebih dahulu alasan mengapa kita kehilangan motivasi atau tidak dapat melanjutkan bekerja pada proyek yang awalnya dimulai dengan penuh semangat.

Ada tiga alasan utama untuk itu.
  • Pertama adalah, Kurangnya Arah atau Direction - jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, maka berapa lama bisa Anda tetap termotivasi untuk melakukannya?
  • Kedua adalah, Kurangnya Focus - jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan dari melakukan tugas tertentu, maka berapa lama Anda bisa melakukannya?
  • Dan faktor ketiga adalah, Kurangnya Keyakinan - jika Anda tidak percaya bahwa Anda dapat berhasil, maka Anda sudah kalah sebelum berperang.
Faktor-faktor ini juga memainkan peranan penting dalam membentuk keberhasilan Anda dan membangun Motivasi Blogging secara keseluruhan.

Jika Anda memiliki arah atau Direction yang jelas lalu berusaha mencapai target yang ditetapkan untuk diri sendiri, Anda pasti akan tetap termotivasi sampai tujuan itu terpenuhi.

Menjadi Fokus akan memotivasi Anda untuk belajar dan melanjutkan pekerjaan Anda. Dan Keyakinan akan memungkinkan Anda untuk menjadi pemenang utama dan menjadi sukses dalam usaha Anda.

Berikut adalah beberapa tips penting dan metode yang pasti akan membantu Anda untuk membangkitkan dan menjaga Motivasi Blogging Anda tetap hidup.

1. Membaca

Ya, Membaca adalah teknik penting untuk menjaga Motivasi Blogging Anda hidup! Tidak hanya membaca konten yang terkait dengan topik yang Anda tulis di blog Anda, tetapi cobalah untuk membaca setiap hal seperti yang Anda sukai, menarik, berpengetahuan, terkait dengan kehidupan Anda dan profesi juga. Membaca akan memberikan dorongan dan keyakinan penulisan.

2. Mengembangkan Kebiasaan Menulis

Tidak ada jalan pintas untuk sukses dan tidak ada alternatif lain selain menulis. Jadi mengembangkan kebiasaan emas menulis dan membuat sebuah titik permulaan dimana Anda harus menulis setiap hari tanpa gagal. Dan jangan membuat alasan, hanya duduk untuk menulis. Percayalah Anda pasti akan mendapatkan inspirasi dengan topik, subyek dan ide bagi tulisan Anda.

3. Tahu Tujuan Blogging dan Menulis

Ini adalah tip penting bagi Anda untuk menjaga Motivasi Blogging tetap terjaga. Anda harus selalu tahu dan ingat  tujuan Anda menjalankan aktivitas blogging dan sebaiknya kita tulis dengan huruf besar dan tebal.  Hal ini membantu untuk lebih fokus dan mengembangkan rasa motivasi dalam diri kita.

Kita harus sering melihat tujuan kita menjalankan aktivitas blogging. Ini akan menjadi sumber dorongan bagi kita.

4. Mengatur waktu tertentu untuk Menulis

Ya, setiap orang memiliki ritme biologis yang berbeda dalam menulis. Sebaiknya kita tahu kapan waktu yang tepat dan nyaman dalam menulis. Katakanlah, mungkin waktu pagi lebih cocok untuk Anda daripada siang,sore atau malam hari, kemudian manfaatkan waktu itu untuk menulis secara teratur.

5. Promosikan Setiap Postingan Blog

Mempromosikan postingan blog baik postingan baru maupun yang lama. Semakin banyak orang mengetahui tentang postingan blog Anda akan menanamkan dalam diri Anda perasaan motivasi untuk lebih banyak menulis.

6. Mengembangkan Hubungan dengan Blogger lain

Mengembangkan hubungan yang kuat dengan blogger lain pasti membantu dalam meningkatkan karir blogging Anda ke tingkat yang baru. blogger lain bahkan bisa menjadi penulis tamu Anda. Mereka bisa komentar di blog Anda, dapat memberikan umpan balik mereka pada desain blog dan menulis, bahkan dapat berbagi blog Anda di Twitter, Google+, dll. Mereka merupakan orang efektif untuk mendorong dan memotivasi Anda secara positif.

7. Pilihlah Potingan Blog Series dan Reguler

Sebagian besar blogger kehilangan motivasi untuk menjalankan blog karena kekurangan konten yang relevan. Salah satu cara mudah untuk keluar dari kondisi ini adalah dengan memilih postingan serial dan tetap.  Anda dapat memilih untuk menulis ulasan produk berkala, menulis posting round up mingguan atau bulanan, menulis tutorial periodik, menampilkan video tutorial, datang dengan daftar inspirasional atau bahkan pergi untuk seri wawancara. Hal ini akan memungkinkan pembaca Anda untuk tahu apa yang diharapkan dari blog Anda.

8. Ambil Liburan Blog

Ini mungkin terdengar sedikit canggung dan teknik yang agak tidak biasa. Tapi sebenarnya itu bisa berubah menjadi sangat mendukung dan membantu untuk menjaga Motivasi Blogging Anda hidup dan berkembang.

Liburan pendek benar-benar membantu. Ini akan mengisi Anda dengan rasa kesegaran.  Sehingga anda kembali menjalankan aktivitas blogging dengan semangat penuh, semangat dan komitmen segar. Tapi sebelum Anda mengambil liburan sebaiknya memiliki beberapa posting blog yang sudah siap sehingga Anda dapat mempublikasikan mereka sesuai dengan jadwal Anda. Ini akan memenuhi komitmen Anda untuk pembaca yang selalu berharap untuk sesuatu yang baru dan menarik dari blog Anda.

9. Percobaan dengan Blog Anda

Menulis berkelanjutan tentang topik yang sama mungkin akan membuat jenuh dan membuat motivasi anda menurun. Jadi melonggarkan sedikit dan melakukan diversifikasi postingan akan membuat anda berbeda. Cobalah dengan beberapa topik baru yang Anda minati. Anda juga dapat mengisi dengan postingan video maupun inspirasi berdasarkan foto.

Ini akan membuat pandangan positif di antara pembaca Anda dan mereka akan datang untuk mengetahui banyak hal baru dari blog Anda.

10. Gali ke Dalam Arsip Blog Anda

Anda dapat menggunakan teknik ini dalam praktek. Setiap kali Anda merasa bersemangat untuk menulis, cobalah gali ke dalam arsip blog Anda. Anda akan menemukan ide-ide baru untuk topik yang  dapat dengan mudah anda tulis. Postingan blog yang lebih tua akan membantu Anda dalam mengidentifikasi area yang dapat eksplorasi lebih dalam dan yang pasti anda bisa menulisnya.


Kesimpulan

Ada banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mengisi bahan bakar Motivasi Blogging Anda. Silahkan pilih yang anda sukai dan jangan merasa terbebani. Nikmati aktivitas Blogging. pembaca Anda menantikan postingan baru Anda. Jadi ingat untuk menjaga Motivasi Blogging Anda tetap hidup!

Sumber : EarningGuys.com



loading...

0 komentar:

Posting Komentar