Home » » 10 Tips Manajemen Waktu Yang Berguna untuk Blogger

10 Tips Manajemen Waktu Yang Berguna untuk Blogger

loading...

10 Tips Manajemen Waktu Yang Berguna untuk Blogger  - Blogging telah menjadi sebuah industri dalam dunia internet. Jutaan e-pengusaha dari seluruh dunia turut ambil bagian dalam dunia blog. Ratusan blog dimulai setiap hari. Namun, di sisi lain  ada banyak blog yang mati sebelum berkembang. Ribuan blogger berhenti blogging hanya karena mereka mendapatkan satu kenyataan bahwa ternyata sulit menangani blog.

Memang, ada berbagai faktor yang menjadi sumber penyebabnya, tapi salah satu faktor utama yang menyebabkan kegagalan mereka termasuk saya sendiri adalah manajemen waktu yang tidak memadai.

10 Tips Manajemen Waktu Yang Berguna untuk Blogger
Sumber Gambar : Rona Presentasi

Dengan kata lain, jika kita ingin sukses dalam dunia blog, kita harus benar-benar dapat mengelola waktu. Itulah alasan mengapa Manajemen Waktu sangat penting bagi blogger. Sebagai seorang blogger, Anda harus menyelesaikan berbagai tugas seperti membaca, meneliti, menulis, penerbitan, merancang, promosi, SEO, komentar, dll.

Untuk ini, Anda harus mengatur waktu Anda sehingga Anda dapat menggunakan setiap detik untuk membangun karir blogging yang sukses.

Dalam postingan berikut, dimas-boim mengajak anda bersama-sama untuk mengulas  Tips Manajemen Waktu bagi Blogger yang dapat membantu Anda mengatur waktu dengan cara yang cerdas.

Keberhasilan blogging Anda tergantung pada Keterampilan Manajemen Waktu. Tips Manajemen Waktu bagi Blogger diharapkan dapat membantu Anda berada di jalan benar.

10 Tips Manajemen Waktu Yang Berguna untuk Blogger


1.    Memiliki Daftar Topik Siap

'Konten adalah Raja' dan jika Anda ingin menjalankan sebuah blog yang sukses Anda harus datang dengan postingan berkualitas lagi dan lagi. Namun, menulis konten berkualitas tidaklah mudah karena melibatkan banyak penelitian dan brainstormings yang datang dengan ide-ide besar, topik, dan isi di atasnya. Semua ini membutuhkan waktu Anda.

Selain itu dapat menyita banyak waktu berharga Anda hanya untuk blogging jika Anda tidak menyiapkan strategi manajemen waktu yang tepat. Dalam konteks ini mempersiapkan daftar topik Anda terlebih dahulu bisa menjadi salah satu tip manajemen waktu yang bagus untuk blogging.

Jadi Anda harus selalu membuat sebuah titik untuk memiliki daftar topik Anda siapkan terlebi dahulu sebelum Anda benar-benar duduk untuk menulis. Ini akan menghemat banyak waktu Anda yang akan terbuang dalam berpikir dan selesaikan setiap topik ketika Anda benar-benar harus menulis.

Berdasarkan frekuensi tulisan Anda, Anda dapat memiliki daftar topik yang harus Anda persiapkan sebelumnya selama seminggu atau lebih baik lagi jika Anda dapat membuatnya selama satu bulan sebelumnya. Jika Anda mendapatkan beberapa poin referensi atau sumber daya, Anda dapat mencatat mereka  bersama dengan daftar topik Anda.

Dengan daftar topik yang sudah siap, Anda tidak perlu khawatir atau berpikir tentang apa yang harus ditulis berikutnya, sehingga lebih berkonsentrasi dalam menulis topik yang sebenarnya.

2.    Tetapkan tujuan spesifik untuk blog Anda

Perlu Anda pahami bahwa Anda memiliki waktu yang terbatas untuk dapat mengerjakan berbagai kegiatan blogging. Sehingga sebaiknya dan seharusnya Anda mengerjakan tugas-tugas yang dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan blogging  daripada berlatih hal yang tidak perlu.

Hal ini dapat dengan mudah dicapai jika Anda sudah menetapkan tujuan khusus bagi blog Anda. Ketika Anda melakukan ini, Anda secara khusus akan mencurahkan waktu Anda dalam mengejar hal-hal yang dapat membuat blog yang sukses. Yang menetapkan tujuan blogging Anda adalah Anda sendiri dan Anda harus sangat jelas di dalamnya.

Selain itu, Anda perlu menetapkan tujuan spesifik untuk blog Anda segera setelah Anda mulai blogging. Jadi, Anda harus berhenti membuang-buang waktu pada hal-hal yang tidak akan membantu Anda untuk mencapai tujuan blogging Anda. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk memperluas jangkauan Anda di Pinterest, Anda harus secara ekstensif mencurahkan waktu Anda pada pengembangan keterampilan yang membantu Anda mempromosikan blog Anda di Pinterest. Jangan berpaling kepada yang lain. Dengan cara ini Anda dapat memanfaatkan waktu Anda dengan baik dalam mencapai tujuan Anda.

3.    Batasi Waktu Membaca Anda

Blogging adalah tindakan penyeimbangan, dan Anda harus menguasai keterampilan Anda di dalamnya untuk disebut sebagai blogger yang sukses. Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan dalam blogging apakah itu membaca, meneliti, menulis, promosi atau hal lain yang terkait. Anda harus mengelola semua kegiatan Anda dalam jangka waktu yang harus anda atur sendiri.

Anda tidak dapat melebihkan satu hal dengan hal lainnya. Hal yang sama berlaku juga untuk membaca. Meskipun membaca merupakan bagian integral dan penting dari blogging, namun harus dilakukan dalam jangka waktu terbatas. Mendapatkan informasi penting, tetapi tidak ada titik ketika Anda kehilangan waktu Anda untuk menulis dan keperluan lainnya. Jadi, Anda harus membuat catatan membatasi waktu membaca Anda.

4.    Selalu menetapkan waktu untuk Tugas Anda

Ini adalah hal yang penting untuk selalu mepersiapkan ide yang harus dikerjakan atau daftar  "To-Do" sebelum Anda mulai bekerja setiap hari. Anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang harus dikerjakan pada setiap harinya. Dengan cara ini Anda tidak akan bingung dan tidak pernah bingung mengerjakan tugas apa yang harus Anda lakukan untuk hari ini. Ini adalah teknik organisasi dasar yang harus anda latih untuk merampingkan kegiatan kerja Anda. Selain mempersiapkan daftar "To-Do", Anda juga harus lebih berusaha untuk menetapkan waktu bagi setiap tugas Anda.

Dengan cara ini Anda dapat mengatur manajemen waktu untuk tugas-tugas yang Anda capai dalam sehari. Maka Anda akan mengetahui tugas apa yang harus Anda lakukan dan batas waktu yang Anda untuk menyelesaikan tugas itu. Anda juga dapat menjadwalkan tugas-tugas sehingga Anda tahu tugas apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Awalnya, Anda mungkin akan merasa sedikit terikat, tetapi karena Anda terus mematuhi batas waktu bagi setiap tugas, Anda pasti akan menyadari manfaatnya. Anda tidak akan menderita karena Anda tidak dapat menyelesaikan tugas Anda karena kurangnya atau kekurangan waktu.

Dengan menetapkan waktu bagi tugas-tugas Anda, Anda dapat dengan mudah mengurus pekerjaan yang telah ditetapkan pada hari itu.

5.    Meningkatkan Efisiensi Anda dengan Bekerja di Batch

Agar sukses dalam dunia blogging, Anda harus terus-menerus dan efisien. Ini berarti bahwa Anda harus rutin dalam melakukan pekerjaan Anda dan harus selalu berusaha untuk meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi kerja Anda adalah dengan mulai bekerja dalam batch. Jadi, alih-alih bekerja terus menerus selama berjam-jam lalu istirahat, Anda dapat memilih untuk bekerja dalam batch. Pada akhir satu batch, Anda dapat mengambil istirahat sejenak dan kemudian mulai lagi. Anda batasi waktu batch, idealnya harus satu jam.

Dengan bekerja dalam batch, Anda dapat lebih fokus pada pekerjaan Anda dan dengan demikian akan memberikan output lebih. Jadi, jika Anda mengalami stres atau memiliki efisiensi yang rendah dalam pekerjaan Anda, sebaiknya anda bekerja dalam batch untuk meningkatkan efisiensi Anda.

6.    Memanfaatkan Penggunaan Outsourcing


Ketika Anda mulai blogging, tidak penting bahwa Anda harus ahli di segala sesuatu yang berhubungan dengan blogging. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak harus mengambil blogging. Hal ini menunjukkan bahwa Anda hanya harus fokus pada tugas-tugas di mana Anda baik dan harus outsource sisa tugas. Jadi jika Anda pandai SEO, Anda harus secara aktif mengejar tugas ini, dan jika Anda menemukan kesulitan untuk menulis artikel, maka Anda harus outsourcing itu.

Nah, sebenarnya ini adalah strategi manajemen waktu yang memungkinkan Anda untuk membuat penggunaan optimal dari jam kerja Anda. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus berhenti belajar dan meningkatkan keahlian Anda. fokus utama Anda harus selalu tentang bagaimana membuat penggunaan terbaik dari waktu Anda.

7.    Jangan Alihkan Diri

Nah, Anda mungkin berpendapat bahwa multi-tasking adalah hal yang baik sejauh blogging yang bersangkutan. Anda mungkin benar-benar bangga pada diri sendiri menjadi multitasker. Namun, ketika Anda melihatnya dari sudut manajemen waktu, Anda akan segera menyadari bahwa Anda tidak mendapatkan banyak. Bahkan, dengan multi-tasking Anda tidak fokus pada satu tugas pada satu waktu dan agak mengganggu diri sendiri dengan melibatkan dalam tugas yang berbeda pada satu waktu.

Ini datang sebagai Distracter berat, dan Anda membuang banyak waktu berharga Anda. Anda diminta untuk mengalihkan fokus dari satu tugas ke yang lain sehingga tidak dapat memberikan output terbaik atau kinerja. Suka menghindari terganggu dan mengikuti salah satu tugas pada satu waktu untuk output yang lebih baik dan ditingkatkan dan manajemen waktu yang superior.

8.    Mengambil Waktu untuk Promosi

Blogging adalah lebih dari sekedar menulis konten dan penerbitan di website Anda. Meskipun ini adalah tugas penting, tapi ini bukan akhir dari blogging. Pada akhirnya Anda memerlukan pengunjung ke blog Anda sehingga blog Anda menjadi populer, dan Anda mendapatkan hasil yang memadai untuk usaha Anda.

Untuk ini, Anda selalu perlu untuk mempromosikan website Anda melalui berbagai saluran pemasaran online. Saluran ini termasuk jaringan media sosial (seperti Facebook dan Twitter) dan juga jenis lain dari saluran pemasaran online.

Selain itu, Search Engine yang berperan dalam mengarahkan lalu lintas ke blog Anda dan sehingga Anda juga harus melakukan teknik mesin pencari optimasi untuk blog Anda sehingga Anda berhasil mendapatkan lalu lintas dari sumber ini.

Ini berarti bahwa Anda diminta untuk mengambil waktu untuk promosi. Jadi selain dari penelitian, menulis, penerbitan dan kegiatan lain, Anda harus menetapkan jam tertentu untuk mempromosikan website Anda setiap hari.

Hal ini membutuhkan pendekatan khusus, disiplin, dan teratur sehingga untuk membangun website Anda di dunia online, dan mendapatkan nilai lalu lintas ke situs Anda. Anda harus menyadari pentingnya mempromosikan website Anda dan memasukkannya dalam jam kerja harian Anda. Jadi manajemen waktu Anda untuk blogging harus selalu mencakup unsur promosi.

9.    Tetap  terorganisir

Blogging adalah profesi yang mengharuskan Anda untuk diatur, dan saya cukup yakin bahwa Anda juga harus menyadari ini di perjalanan karier blogging Anda. Ini muncul dari kenyataan bahwa Anda memiliki waktu di mana Anda harus menyelesaikan berbagai tugas yang terlibat dalam blogging terbatas. Jadi tinggal terorganisir menjadi salah satu tujuan paling utama untuk blogger apapun. Selain itu, tinggal terorganisir membawa manajemen waktu yang tepat untuk Anda sebagai seorang blogger.

Nah, Anda dapat tetap terorganisir dengan baik menjaga pekerjaan baik yang berhubungan dengan blogging dan sebaliknya. Anda harus menyadari bahwa blogging bukanlah 9-5 pekerjaan. Jam kerja bisa fleksibel. Anda bebas untuk memutuskan timing kerja Anda. Namun, ini membawa tanggung jawab tambahan pada Anda sebagai seorang blogger.

Itu adalah Anda harus tetap terorganisir. Hal ini hanya tidak cukup untuk memutuskan bahwa Anda akan bekerja untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Anda benar-benar harus menerapkannya dalam kenyataan.

Hal ini hanya mungkin dapat dilakukan jika Anda cukup mengatur tugas-tugas Anda selain blogging sehingga Anda dapat duduk untuk bekerja persis ketika Anda telah memutuskan. Ini juga mengharuskan Anda untuk diatur dengan sistem komputer Anda. mesin Anda harus baik-baik, dan Anda harus menyimpan semua pekerjaan Anda terorganisir dengan baik pada sistem komputer Anda. Bahkan, tetap terorganisir ternyata sangat bermanfaat sebagai tip manajemen waktu bagi blogger.

10.    Menentukan Daftar Prioritas Anda

Untuk menjadi sukses dalam industri blogging, salah satu hal utama yang perlu Anda lakukan adalah menjadi efisien dalam keterampilan manajemen waktu Anda. Anda perlu untuk keluar sebagai ahli manajemen waktu. Dalam konteks ini, menjadi penting untuk mengetahui dan memelihara daftar prioritas Anda. Telah terlihat bahwa sebagian besar start up blogger yang tidak jelas dengan daftar prioritas mereka.

Mereka tidak tahu apa yang penting bagi mereka dan berapa banyak waktu yang mereka harus mengabdikan untuk melakukan tugas tertentu. Ini adalah situasi yang sangat canggung dan selalu menyebabkan banyak waktu terbuang. Untuk mengatasi situasi seperti itu, Anda harus datang dengan daftar prioritas Anda.

Jadi mengambil waktu, duduk dan mempersiapkan daftar prioritas Anda. Anda dapat mencatat tugas-tugas yang harus Anda lakukan dan menetapkan mereka kerangka waktu. Kemudian memprioritaskan mereka dalam urutan kepentingan mereka. Anggaplah, misalnya, Anda melihat bahwa Anda sudah memiliki membangun bucket konten Anda, maka tidak ada kebutuhan untuk mencurahkan lebih banyak waktu pada tugas ini.

Anda dapat menaruh tugas ini lebih rendah dalam daftar prioritas Anda. Sebaliknya, Anda dapat mencurahkan lebih banyak waktu dalam promosi, blog komentar, tamu posting, atau SEO. Jadi, Anda harus memberikan prioritas tinggi untuk tugas-tugas ini. Ini akan membantu Anda dalam mengatur manajemen waktu yang lebih baik bagi kesuksesan blogging Anda.

Saya harap Anda dapat menyukai artikel ini, Tips Manajemen Waktu yang berguna bagi Blogger. Jika Anda memiliki strategi lain dalam manajemen waktu, silakan berbagi dengan kami dengan memberikan komentar di bawah ini.

Sumber : EarningGusy.com

loading...

0 komentar:

Posting Komentar