Home » » Rekening Online : Alat Transaksi Keuangan Online

Rekening Online : Alat Transaksi Keuangan Online

loading...

Saat memulai bisnis online atau bisnis di dunia internet, ada satu pertanyaan yang mengganjal dalam benak kita yaitu bagaimana cara pembayarannya? Terus bagaimana mencairkannya ke dalam rekening bank local kita?

Sama seperti dalam dunia nyata, di dunia maya kita juga membutuhkan suatu alat pembayaran terutama bagi yang menjalankan bisnis secara online, gunanya untuk memproses pemindahan uang dari semua transaksi online yang kita lakukan yang dikenal dengan sebutan Rekening Online atau Rekening Internet.

gambar ptc


Sampai sekarang, Rekening online sebagai alat transaksi keuangan online sudah banyak macam dan jenisnya serta semakin banyak digunakan di dunia maya, mengingat rekening online merupakan alat yang penting bagi para pelaku bisnis online.

Dengan memiliki rekening online yang sudah kita verifikasi, maka kita dapat melakukan berbagai transaksi keuangan seperti penerimaan pembayaran, transfer antar rekening dan yang penting, kita dapat mencairkannya ke dalam rekening bank local yang kita miliki.

Masing-masing penyedia rekening online memiliki kebijakan dan aturan sendiri, sehingga sebaiknya kita mengenalnya satu per satu sehigga kita dapat memilih mana yang terbaik bagi kita dalam menjalankan bisnis online.

Kelebihan Rekening Online

Dibandingkan dengan rekening bank local yang kita miliki, rekening online yang merupakan pihak ketiga dalam proses bisnis dan digunakan sebagai media penghubung antara pelaku bisnis online. Memiliki beberapa kelebihan karena  tidak semua pelaku bisnis online merasa nyaman dan aman jika harus bertransaksi dengan menggunakan rekening bank lokal secara langsung.

Berikut ini adalah beberapa kendala penggunaan rekening bank local, antara lain:
  • Perbedaan mata uang. Perbedaan mata uang akan mengakibatkan adanya biaya tukar mata uang atau kurs. Nilai besarnya tergantung kesepakatan antar pelaku, baik mengikuti kurs pasar atau atas penetapan bersama.
     
  • Biaya transfer yang tinggi. Proses transfer dana dari satu bank ke bank lain di negara yang berbeda memerlukan biaya dimana besarnya biaya tergantung pada aturan bank yang berlaku.
    Tingkat kepercayaan yang rendah. Tidak adanya mekanisme untuk verifikasi antar pelaku bisnis mengakibatkan tingkat kepercayaan rendah untuk penggunakan bank lokal.
     
  • Dengan adanya rekening online bisa menjadi solusi bagi para pelaku bisnis, khususnya bisnis online. Meskipun tidak ada jaminan 100% tentang keamanan atau kepuasannya, namun rekening online semakin banyak digunakan dalam proses bisnis secara online.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan penggunaan rekening online, yaitu:
  • Persamaan mata uang. Pelaku bisnis dapat memilih mata uang utama yang akan digunakan, misalnya USD. Transaksi antar rekening internet lain dengan mata uang yang sama akan menekan biaya kura mata uang atau kurs.
  • Biaya transfer yang terjangkau. Biaya dalam proses transaksi pada sesama rekening internet pada umumnya terjangkau sehingga tidak akan membebani para pelaku bisnis online.
  • Tingkat kepercayaan yang tinggi. Adanya mekanisme verifikasi pada tiap rekening internet akan menumbuhkan kepercayaan bagi para pelaku bisnis online dalam melakukan transaksi secara online.

Fungsi Rekening Internet

Beberapa fungsi rekening online antara lain adalah :
  • Media perantara antara penjual dan pembeli
  • Mempermudah proses transaksi secara online
  • Dapat digunakan untuk verifikasi terhadap pelaku bisnis online

5 Rekening Online Terpopuler

Berikut adalah 5 rekening online yang sudah terpercaya dan bukan scam.

1.    PayPal. 

PayPal merupakan rekening internet yang paling banyak digunakan dan bisa digunakan di hampir semua negara. Warga Indonesia juga telah dapat menikmati layanan PayPal untuk menunjang bisnis secara online. Proses verifikasi akun PayPal memerlukan kartu kredit atau menggunakan VCC (Virtual Credit Card).



2.    AlertPay 

AlerPay fungsinya hampir sama dengan PayPal, yaitu sebagai lat pembayaran secara online. AlerPay juga digunakan untuk menerima pembayaran secara online. Perbedaan dengan PayPal adalah pada proses verifikasi. AlertPay tidak memerlukan kartu kredit atau rekening bank untuk proses verifikasi. Verifikasi akun AlertPay adalah dengan mengirimkan kartu identitas dan dokumen lainnya, mialnya tagihan telepon, tagihan listrik, atau dokumen yang lainnya.



3. Liberty Reserve. 

Liberty Reserve merupakan salah satu e-currency yang 100% dibackup oleh U.S. dollars (LR-USD), atau oleh Emas (LR-gold). LR dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau “alat investasi” anda. Liberty Reserve ini terintegrasi dengan suatu metode pembayaran dalam bentuk rekening yang beroperasi secara online.

Liberty Reserve adalah LEGAL dan memudahkan transaksi di internet. Keunggulan Liberty Reserve dibanding e currency lain adalah proses verifikasi account nya yang simple, tidak memerlukan ktp, slip gaji, atau kartu kredit, dan sistem keamanan nya dikenal sangat bagus karena pada saat log in kita harus memasukan 3 kali password dan pin.

4.    Payoneer

Payoneer adalah sebuah perusahaan yang berbasis di US amerika serikat yang berdiri pada tahun 2005 dengan tujuan untuk membantu memfasilitasi transaksi keuangan secara online baik itu pengeluaran uang melalui transaksi pembelian di toko online, merchant maupun pemasukan uang yang diperoleh dari bisnis affiliate marketing seperti amazon, transaksi keuangan yang bisa dilakukan lewat payoneer bukan hanya secara lokal tetapi berlaku juga untuk transaksi international diseluruh dunia.


5.    Payza

Alat pembayaran yang satu ini sekarang sepertinya sudah mulai terkenal dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Layanan yang akan kita dapatkan dari situs ini ialah pebelian online (shopping cart untuk toko online), menerima pembayaran.


Demikian 5 rekening online terpopuler yang sering digunakan dalam bisnis online. Nah, sekarang terserah anda untuk memilih mana yang terbaik menurut anda, mau satu saja atau mau memiliki semuanya.

loading...

0 komentar:

Posting Komentar